Sosialisasi eFormasi 2015

Informasi Terkini BKD Kota Blitar

Sosialisasi eFormasi 2015

Posted by : bkd.blitar.kota At : 2015-06-19 07:18:26 : Dilihat : 1235 Kali

Sosialisasi eFormasi 2015

eFormasi merupakan sistem informasi yang disediakan oleh kemenpanRB dengan tujuan untuk mengetahui gambaran struktur organisasi, peta jabatan, jumlah pegawai yang ada, jumlah pegawai yang dibutuhkan dan jumlah kekurangan/kelebihan pegawai di instansi pemerintah.
Manfaat e-Formasi antara lain untuk menentukan kebutuhan pegawai, menentukan kelas jabatan dan menentukan sasaran kerja pegawai. Dalam rangka mempersiapkan Nomenklatur jabatan pelaksana atau jabatan fungsional diharapkan setiap Instansi K/L/Pemda merumuskan jabatan yang ada di instansi masing-masing sesuai dengan proses bisnis organisasi yang antara lain memuat nama jabatan, ikhtisar jabatan, butir kegiatan jabatan, dan syarat jabatan.
Untuk perencanaan SDM Aparatur penyusunan alokasi formasi ASN terlebih dahulu harus diajukan melalui eFormasi, dan harus mendapat koreksi dari TIM KementerianPANRB.
Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan tambahan formasi untuk pemerintah daerah :

  1. 1. Rasio Belanja Pegawai
  2. 2. Jumlah PNS yang mencapai Batas Usia Pensiun
  3. 3. Alokasi formasi CPNS tahun sebelumnya yang tidak terlaksana
  4. 4. Jumlah PNS yang ada pada saat ini
  5. 5. Perbandingan jumlah Pegawai ASN dengan jumlah Penduduk
  6. 6. Daerah baru pemekaran
  7. 7. Alokasi formasi di utamakan jabatan fungsional
  8. 8. Kebijakan yang mendukung percepatan pembangunan nasional
  9. 9. Ruang lingkup Instansi


Dalam rangka mendukung program eFormasi KemenpanRB, BKD kota blitar melakukan sosialisasi tata cara pengisian aplikasi tersebut pada hari senin, 11 Mei 2015. Acara tersebut dihadiri sekitar 60 peserta dari seluruh SKPD dan UPTD, acara tersebut terbagi menjadi 3 gelombang.
Pengisian eFormasi dijadwalkan selesai sebelum tanggal 16 mei 2015 sesuai dengan deadline yang diberikan dari Kemenpan RB.

Red: Galih