Digitalisasi Dokumen Kepegawaian

Informasi Terkini BKD Kota Blitar

Digitalisasi Dokumen Kepegawaian

Posted by : bkd.blitar.kota At : 2015-06-26 14:04:33 : Dilihat : 2085 Kali

Digitalisasi Dokumen Kepegawaian

Berdasarkan amanat UU Nomor 5 tahun 2014 pasal 127 dan 128 disebutkan bahwa setiap instansi pemerintah wajib memiliki sistem informasi ASN yang terintegrasi memuat seluruh data pegawai dengan memperhatikan kemudahan aplikasi dan keamanan aplikasi maupun data yang ada pada aplikasi. Untuk mewujudkan sistem informasi ASN yang memiliki data terkini dan aman maka telah dilaksanakan sosialisasi kegiatan digitalisasi dokumen kepegawaian yang dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2015 bertempat di Ruang Rapat Sasana Praja Kantor Walikota Blitar. Kegiatan sebagaimana tersebut diatas diikuti oleh seluruh pengelola kepegawaian di masing-masing SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Blitar sejumlah 83 orang.

Tindak lanjut kegiatan sosialisasi ini yaitu akan dilakukan scanning dokumen kepegawaian dimasing-masing SKPD dengan teknis pelaksanaan yaitu tim dari BKD akan turun ke masing-masing SKPD untuk melakukan scanning. Untuk mendukung kegiatan itu maka setiap PNS dilingkungan Pemerintah Kota Blitar wajib mengumpulkan kurang lebih 73 dokumen. Adapun syarat dokumen yang dapat di-scan yaitu dokumen yang dapat atau mudah dibaca serta tidak dilegalisir. Pelaksanaan scanning dokumen kepegawaian akan dijadwalkan mulai dari tanggal 3 s.d 16 Juni 2015.

Tujuan pelaksanaan scanning dokumen ini yaitu untuk meningkatkan kualitas layanan kepegawaian bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kota Blitar. Kedepan dengan adanya dokumen digital, maka PNS dilingkungan Pemerintah Kota Blitar tidak perlu lagi mengumpulkan berkas atau dokumen kepegawaian karena telah ada dan dicukupi oleh BKD dan terangkum dalam sebuah aplikasi kepegawaian serta dapat diakses dimanapun dan kapan saja oleh PNS Pemerintah Kota Blitar ataupun masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah BKD dalam mewujudkan pelayanan prima berupa cepat dan transparan dalam pengelolaan kepegawaian.