Diklat Prajabatan Golongan II Angkatan VI Kota Blitar Tahun 2015

Informasi Terkini BKD Kota Blitar

Diklat Prajabatan Golongan II Angkatan VI Kota Blitar Tahun 2015

Posted by : bkd.blitar.kota At : 2015-08-16 10:16:32 : Dilihat : 1417 Kali

Diklat Prajabatan Golongan II Angkatan VI Kota Blitar Tahun 2015

Berdasarkan surat Kepala Badan Diklat Provinsi Jawa Timur Tanggal 6 Juli 2015 Nomor 893/57986/205.5.1/2015 telah ditugaskan para peserta diklat prajabatan golongan II angkatan VI tahun 2015 Pemerintah kota Blitar.
Diklat Prajabatan ini diikuti sebanyak 29 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil(CPNS) dari sejumlah instansi pemerintah Kota Blitar, diklat dilaksanankan dengan menggunakan pola baru selama tanggal 27 July 2015 sampai dengan 22 Agustus 2015 dan dilaksanakan di Islamic Centre Surabaya.


Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS), ditetapkan bahwa salah satu jenis Diklat yang strategis untuk mewujudkan PNS sebagai bagian dari ASN menjadi profesional seperti tersebut di atas adalah Diklat Prajabatan. Diklat ini dilaksanakan dalam rangka membentuk nilai-nilai dasar profesi PNS. Kompetensi inilah yang kemudian berperan dalam membentuk karakter PNS yang kuat, yaitu PNS yang mampu bersikap danbertindak profesional dalam melayani masyarakat.
Untuk membentuk PNS profesional, dibutuhkan pembaharuan atas pola penyelenggaraan diklat yang ada saat ini dan yang didukung oleh semua pihak. Praktik penyelenggaraan Diklat Prajabatan dengan pola pembelajaran klasikal yang didominasi dengan metode ceramah, menunjukkan bahwa tidak mudah untuk membentuk nilai-nilai dasar profesi PNS, terutama proses internalisasi pada diri masing-masing peserta.


Berdasakan pertimbangan akan hal tersebut maka dilakukan inovasi dalam penyelenggaraan Diklat Prajabatan yang memungkinkan peserta untuk mampu menginternalisasikan nilai-nilai dasar profesi PNS dengan cara mengalami sendiri dalam penerapan dan aktualisasi pada tempat tugas/tempat magang, sehingga peserta merasakan manfaatnya secara langsung. Dengan demikian nilai-nilai dasar profesi PNS tersebut terpatri kuat dalam dirinya. Melalui pembaharuan Diklat Prajabatan ini diharapkan dapat menghasilkan PNS yang profesional, yang dewasa ini sangat dibutuhkan untuk mengelola segala prakondisi dan sumber daya pembangunan yang ada, sehingga dapat mempercepat peningkatan daya saing bangsa.

Lihat Album Foto

Red : Galih